Cara Menjaga Pola Makan, Kunci Menurunkan Berat Badan

Pola makan yang baik memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Ada banyak cara menjaga pola makan sehat yang bisa anda contoh dan terapkan dalam keseharian. Menerapkan pola makan yang sehat dapat membantu melangsingkan badan. Anda tidak perlu melakukan diet yang menyiksa hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal. cukup terapkan pola makan yang tepat anda akan mendapatkannya. Orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya cenderung memiliki pola makan yang buruk. Yang penting makanan terasa enak dan dapat mengenyangkan perut. Anda harus menerapkan pola makan yang seimbang, dimana kebutuhan karbohidrat, mineral, protein dan lemak seimbang.

Beberapa hal berikut dapat membantu anda dalam menerapkan cara menjaga pola makan sehat. Yang pertama yaitu jangan makan asal kenyang. Mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang didapatkan dari nasi putih, mi instan, roti, ataupun bubur. Anda disarankan untuk memilih karbohidrat kompleks dibanding dengan karbohidrat sederhana. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks meliputi jagung, ubi, oatmeal, nasi merah. Tingkat energi yang dikandung dalam karbohidrat kompleks sangat mendukung stamina anda, khususnya saat berolahraga.

Cara Menjaga Pola Makan

Cara Menjaga Pola Makan

Hindari makan malam lebih dari pukul 6 sore. Waktu makan yang berdekatan dengan waktu anda tidur, akan membuat sistem pencernaan kesulitan dalam mencerna makanan. Pilihlah jam makan yang memiliki rentang waktu yang cukup sampai jam tidur anda. Penuhi kebutuhan makanan anda dengan porsi sayur dan buah yang cukup. Anda bisa mengambil sedikit porsi karbohidrat dan perbannyak sayur dan buah. Sayuran dan buah-buahan dapat membantu suplai serat untuk tubuh. Memang cara menjaga pola makan sehat sedikit sulit. Namun itu hanya masalah pembiasaan. Setelah beberapa waktu, anda tidak akan merasa kesulitan dalam menerapkan pola makan yang sehat tersebut.

Lalu apakah cara menjaga pola makan sehat akan membatasi pola konsumsi anda? Tidak, hanya saja anda lebih teliti dalam memilih menu yang akan anda makan. Anda masih bisa mengkonsumsi daging-dagingan. Anda masih bisa mengkonsumsi ikan tuna yang berkualitas. Kandungan omega 3, mampu menjaga kesehatan jantung anda. Selain itu tuna kaya akan kandungan magnesium, mineral selenium, vitamin B1 dan B6. Anda bisa mengkonsumsi ikan tuna perhari paling tidak 30 gram atau dalam seminggu 2 kali sajian ikan tuna. Untuk daging sapi, anda disarankan untuk memilih lean beef atau daging sapi bebas lemak.

Pola makan yang baik adalah pola makan yang teratur. 3 kali makan besar dalam sehari, tentu dengan porsi makan sedang, serta 2 sampai 3 kali selingan. Selingan disini berarti makan buah-buahan ataupun sayuran, biasanya jam makan untuk selingan yaitu menjelang siang hari atau sekitar pukul 10 pagi serta menjelang sore, sekitar pukul 3-4 sore. Karena selingan maka makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, maupun mie instan kurang disarankan. Makan secara teratur akan membantu menjaga berat badan tubuh serta memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Manfaat tersembunyi dari pola makan yang teratur adalah menghindari penyakit maag. Penyakit maag timbul akibat pola makan yang kurang teratur. Selain itu tubuh akan kekurangan gula darah dalam 1 sampai 3 jam. Kekurangan gula darah akan membuat anda mudah lelah dan kurang bersemangat dalam beraktivitas. Itulah sekelumit mengenai cara menjaga pola makan sehat serta manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkannya dalam kehidupan anda sehari-hari.

Baca juga artikel mengenai:

Cara menjaga kesehatan lambung

Pantangan makanan bagi penderita asam urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *