Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Pada artikel mengenai Cara Mengobati Gusi Bengkak Alami dan Manjur kali ini akan membahas mengenai salah satu sakit selain masalah gigi berlubang adalah masalah gusi bengkak. Sakit yang dirasakan benar benar menyiksa sehingga banyak membuat orang-orang pada mengeluh pada keadaan sakit seperti ini. Apabila tidak segera di tanggulangi maka akan sangat mengganggu aktifitas kerja dan kenyamanan anda.

Cara mengobati gusi bengkak

Penyebab utama terjadinya gusi bengkak adalah karena infeksi pada gusi atau yang sering di sebut infeksi gingvitis pada gusi bagian luar maupun bagian saraf di dalam gusi yang berdekatan dengan gigi. Infeksi seperti ini disebabkan karena pada keadaan yang terluka bakteri yang jumlahnya sangat banyak di mulut akan menyerang gusi anda.

Gejala awal adalah mulai membengkaknya gusi bagian tertentu dan mulai terasa ngilu sampai ke gigi. Apabila tidak segera di obati maka akan mulai muncul nanah pada bagian gusi, apabila ini sudah terjadi maka gigi akan terasa sangat sakit dan bengkak semakin besar. Apabila sudah muncul nanah diperlukan obat anti biotik untuk menyembuhkannya, oleh karenanya apabila sebelum bernanah sebaiknya sudah dilakukan tindakan pencegahan. Pada tahap ini Bau mulut mulai tak sedap karena nanah.

CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK
Banyak cara yang bisa ditempuh baik secara medis seperti anti biotik dan pembedahan kecil apabila sudah pada tahap sangat parah, maupun tradisional yang bisa mengatasi gusi bengkak. Biasanya orang memilih meminum obat medis untuk menghilangkan rasa sakit dengan meminum obat analgesik (penahan nyeri) seperti paracetamol. Jika sudah parah seperti bernanah maka biasanya di tambah dengan obat antibiotik.

Sebelum sampai pada tahap itu bisa dicoba cara alami untuk mengobati gusi bengkak seperti dibawah ini:

1. Dengan Lada Hitam di campur minyak cengkih
Lada hitam dan minyak cengkih sudah dikenal menekan pertumbuhan bakteri dan sangat cocok digunakan di gusi, apabila bakteri dapat di tekan semoga gusi dengan cepat dapat sembuh kembali. Perpaduan kedua bahan ini sudah dikenal sejak lama karena efektif membantu mengurangi gusi bengkak.

2. Menggunakan Asam Jawa
Selain utuk mengatasi masalah karang gigi, asam jawa juga sangat manjur mengobati gusi bengkak. Cara membuatnya juga sangat gampang dan praktis. Anda hanya perlu mempersiapkan biji asam jawa (bijinya saja) untuk di sangrai jering di wajan. Bubuknya di jadikan obat oles pada gigi dan area gusi yang bengkak. Sebaiknya di oles menggunakan sikat gigi layaknya pasta gigi.

3. Menggunakan air garam atau perasan lemon
Jeruk lemon memiliki manfaat yang baik sebagai obat gusi bengkak. Anda hanya perlu membuat perasan air jeruk lemon dan menjadikannya obat kumur. Potong Lemon menjadi 2 untuk di peras airnya ditambahkan garam atau air garam agar tidak terlalu asam. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Lakukan sehari minimal 2 – 3 kali. Seperti diketahua bakteri sangat tidak suka dengan garam, setidaknya bakteri di mulut dapat di tekan dengan jumlah yang sangat banyak. Kombinasi kedua bahan ini sangat membantu loh mengurangi gusi bengkak. Vitamin C pada lemon sangat membantu proses penyembuhan dari dalam.

Demikian artikel mengenai cara mengobati gusi bengkak dengan cara alami seperti di atas, semoga dapat membantu anda menjadi sehat dalam waktu cepat agar dapat beraktivitas kembali dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *