Cara Menghilangkan Luka Bakar dengan Air

Luka bakar merupakan luka yang disebabkan oleh panas yang berasal dari luar tubuh. Luka ini dapat diderita oleh seseorang karena disebabkan oleh kecelakaan. Panas tersebut dapat berasal dari api, benda mati atau cairan seperti asam sulfat. Luka bakar ringan dapat diatasi dengan menggunakan bahan yang yang ada di dekat Anda. Air merupakan bahan yang mudah didapat dan dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar yang Anda derita. Air yang baik untuk mengatasi luka bakar adalah dengan menggunakan air yang mengalir. Cara menghilangkan luka bakar dengan air harus segera dilakukan agar area yang terkena luka bakar tidak melepuh.

Cara Menghilangkan Luka Bakar

Cara menghilangkan luka bakar dengan menggunakan air sangat tepat karena air dapat memberikan efek dingin pada luka bakar. Air yang digunakan adalah air yang mengalir seperti air yang berasal dari kran. Air yang mengalir dari kran lebih efektif mendinginkan luka bakar daripada air yang tergenang. Kondisi air yang mengalir menimbulkan tekanan pada kulit sehingga air dapat masuk ke kulit melalui pori-pori kulit. Air yang masuk ke pori-pori kulit membuat area yang terkena panas mengalami pendinginan yang disebabkan oleh air tersebut. Air yang masuk ke pori-pori kulit menyebar pada area yang sakit. Untuk itulah penggunaan air yang mengalir lebih diutamakan daripada penggunaan air yang tergenang.

Namun, ada pula yang menggunakan bahan lain yang digunakan untuk mengatasi luka bakar. Bahan yang mereka gunakan adalah pasta gigi. Kandungan menthol yang ada pada pasta gigi dianggap dapat mengatasi luka bakar. Menthol dapat menimbulkan efek dingin pada kulit dan alasan inilah yang membuat mereka menggunakan pasta gigi untuk luka bakar. Cara mengatasi luka bakar dengan pasta gigi tidak dianjurkan. Menthol memang dapat menimbulkan dingin pada kulit tetapi tidak efektif mengatasi luka bakar. Rasa dingin yang dioleskan pada kulit menimbulkan efek dingin. Efek dingin pada kulit memerintahkan otak kita untuk membuat panas agar suhu pada area tertentu stabil. Keadaan ini yang membuat luka bakar bertambah panas karena panas yang disebabkan oleh panas tubuh.

Cara Menghilangkan Luka Bakar dengan air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *