Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar – Apabila anda adalah perempuan pada usia subur namun sering terlambat haid, kemungkinan terbesar biasanya adalah kehamilan. Coba anda periksa dengan alat uji kehamilan, tes hamil melalui kencing, yang dapat di peroleh dengan mudah di apotek maupun supermarket terdekat.

Namun apabila hasilnya negatif, penyebab lainnya dapat juga berupa kegemukan atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan hormon di dalam tubuh seseorang tidak teratur. Banyak kasus perempuan obesitas sering terlambat haid, ada yang sampai tiga hingga empat bulan sekali baru mendapatkan haid.

Sebaliknya kekurangan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan hormon yang berbahaya bagi perempuan yang dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus haid seorang perempuan. Apabila anda seorang perempuan yang merasa dirinya terlalu kurus, coba periksa kadar lemak dalam tubuh anda, apabila anda memiliki kadar lemak dibawah 15% sangat mungkin anda menderita ketidak seimbangan hormon.

haid tidak teratur

Kasus lainnya adalah anda menderita Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). PCOS adalah suatu jenis gangguan hormon karena terdapat banyak kista kecil di ujung terluar indung telur. Perempuan yang menderita penyakit ini cenderung memiliki resiko susah hamil dan memiliki resiko tinggi terhadap penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Pemakaian alat KB dengan suntikan juga dapat mempengaruhi siklus haid seorang perempuan, terutama apabila sudah dilakukan penyuntikan jangka panjang.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Stress dan terlalu banyak beraktifitas juga dapat menyebabkan ketidak teraturan haid. Tidak teratur haid disebabkan karena terlalu banyak beraktifitas sangat sering di alami oleh seorang atlit perempuan. Stress tertu saja sangat berpengaruh dengan ketidak seimbangan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan haid tidak teratur.

Cara terbaik untuk mengatasi haid tidak teratur adalah dengan mendeteksi terlebih dahulu sumber dari ketidak seimbangan hormon dalam tubuh seorang perempuan. Apakah anda memiliki gejala-gejala seperti di atas? Konsultasikan hal-hal tersebut dengan dokter SpOG anda.

Cara – cara hidup sehat seperti minum air putih teratur, tidak bergadang, makan buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi setiap hari, jika perlu minum vitamin tambahan terutama vitamin B6 dan olah raga teratur dapat membantu menyeimbangkan hormone dalam tubuh anda. Silahkan membaca artikel lain mengenai kesehatan pada website kami www.andasehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *