Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Banyak faktor yang meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan penyakit jantung atau stroke. Faktor genetika dan gender berpengaruh cukup besar, namun tidak menutup kemungkinan kedua penyakit tersebut bisa dialami oleh Anda yang hidup dengan gaya hidup dan pola makan tidak sehat, kabar baiknya dari sekian banyak makanan tidak sehat tersebut tersedia beberapa makanan yang sehat dan baik untuk tubuh dan mampu menurunkan kolesterol, yang mana meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Simaklah cara cepat menurunkan kolesterol di bawah ini:

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat Secara Alami

cara-cepat-menurunkan-kolesterol-secara-alami

Minimalkan konsumsi daging

Daging merupakan menu makanan yang akan selalu ada walaupun Anda sedang melakukan program diet, hanya perlu mengurangi konsumsi daging babi, daging lembu, daging sapi, lemak daging ayam. Pilihlah menu daging tanpa lemak ketika Anda menyantap makan siang atau makan malam, harus dengan porsi yang kecil yang dicampurkan dengan bahan makanan lainnya.

Kurangi konsumsi susu

Agar terhindar dari penyakit jantung dan stroke yang salah satunya disebabkan oleh meningkatkan kolesterol, cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang diolah dengan menggunakan susu secara berlebihan, buatlah pengaturan tertulis yang mana mengatur menu makanan Anda termasuk makanan yang diolah dari susu, terutama yang full cream.

Perhatikan camilan

Agar kadar kolesterol di dalam darah tidak terus naik dari hari kehari, cobalah cara menurunkan kolesterol dengan cepat dengan memerhatikan camilan yang akan Anda makan. Upayakan untuk selalu memilih camilan yang rendah lemak (buah dan sayuran, popcorn rumahan) dibandingkan dengan mengkonsumsi camilan tinggi lemak yakni keripik kentang dan permen batangan. Makanan yang tinggi akan kandungan lemak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Gunakan minyak yang tepat

Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi dengan tidak menggunakan minyak jenuh. Cobalah untuk menggunakan minyak bunga matahari, minyak jagung, minyak kacang kedelai, minyak zaitun dan minyak kacang, dibandingkan dengan menggunakan minyak kelapa, mentega atau margarin. Pastikan untuk menggunakan panci yang tidak mudah lengket, dibandingkan dengan itu semua, lebih baik jika Anda mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, dipanggang dengan wine atau kaldu daging.

Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Cara cepat menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan serat. Banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, diantaranya ada gandum, nasi merah, sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan polong-polongan. Perbanyak mengkonsumsi minuman yang tinggi akan kadar serat, seperti minuman kacang kedelai dan lainnya, serat dan karbohidart kompleks ini secara alami akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengkonsumsi makanan kaya akan karbohidrat kompleks dan serat juga baik untuk program diet.

Sayuran dan buah

Keduanya rendah lemak dan tentu saja bisa dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Sayuran dan buah juga tinggi akan kandungan serat sehingga baik untuk memperlancar buang air besar. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang mencukupi setiap harinya untuk menjaga kesehatan jantung, konsumsi semangkuk campuran sayuran dan buah setiap harinya.

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan yang tidak pernah bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, makanan yang membuat tubuh kuat untuk menjalani berbagai aktivitas. Meskipun penting, jenis makanan juga memengaruhi kesehatan tubuh Anda, pilihlah menu makanan yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol yang mana membuat risiko penyakit jantung lebih tinggi. Cara cepat menurunkan kolesterol dengan cara cerdas memilih makanan, sebagaimana yang telah dijelaskan secara sederhana di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *