Berbagai Cara Menurunkan Demam Pada Bayi

Bayi sangat lah rentan dengan berbagai macam penyakit. Untuk orang tua baru, hal ini sangat membuat mereka cemas dan khawatir. Terutama dengan permasalahan demam pada bayinya. Bayi panas bisa dibilang demam apabila suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat celcius. Kedua orangtua harus lah mengerti bagaimana cara menurunkan demam pada bayi kesayangannya. Karena penyebab seorang anak demam berbeda – beda. Sebagai orang tua yang baik, yang harus dilakukan adalah memberikan perhatian khusus dan membuat sang anak merasakan kehadiran kedua orang tuanya dan juga membuat sang anak merasa nyaman. Karena para orang tua tidak boleh menggunakan cara yang salah dalam menurunkan demam buah hatinya.

Cara menurunkan demam pada bayi

Cara menurunkan demam pada bayi adalah dengan mengoptimalkan beberapa upaya yaitu dengan. Memperhatikan suhu tubuh pada bayi menggunakan thermometer secara berkala. Berikan air atau cairan yang telah ditentukan kepada anak untuk menghindari dehidrasi. Memberikan asupan gizi yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Memperhatikan sirkulasi ruangan, agar tidak pengap. Memberi obat penurun demam, bila suhu anak melebihi 38 derajat celsius. Apabila suhu tubuhnya sudah normal, pemberian obat dihentikan. Memakaikan anak baju yang bisa menyerap keringat. Berikan selimut kepada anak ketika dia menggigil, tetapi segera dilepaskan kembali bila menggigilnya hilang.Dan apabila demam anak tidak kunjung reda, bawalah buah hati ke dokter.

Sebenarnya kedua orang tua tidak perlu cemas dan khawatir. Demam juga merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh dalam menolak segala jenis penyakit, virus, dan juga infeksi yang terjadi dalam tubuh kita. Berikan lah perhatian yang optimal kepada anak. Perhatian dan rasa kasih sayang orang tualah yang memberikan rasa nyaman kepada bayinya agar dapat sembuh dari demam nya. Berikan kompres ringan kepada bayi agar menyerap panas pada tubuhnya. Biarkan sang bayi istirahat. Cara – cara alami juga dianjurkan sebagai cara menurunkan demam pada bayi. Dengan memberikan beberapa ramuan tradisional dalam menurunkan demamnya. Sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan sesuai usia buah hati anda.

Cara terbaik adalah apabila sang bayi masih ASI, berilah asi setiap saat, karena ASI merupakan obat paling alami dan paling sehat bagi sang bayi. Apabila demam disebabkan oleh karena habis imunisasi, itu merupakan tanda bahwa imunisasi sudah bekerja dengan baik, sang bayi sedang membangun sistem pertahanan tubuh nya untuk melawan virus. Berilah asi setiap saat bagi sang bayi tercinta anda.

Hati – hati apabila bayi sudah demam lebih dari 3 hari, segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Demam lebih dari 3 hari adalah sesuatu yang kurang baik terjadi dalam tubuh sang bayi, sebagai orang tua kita harus segera mencari pertolongan para profesional. Takutnya sang buah hati sudah terserang penyakit berbahaya seperti demam berdarah. Ada pun cara untuk mengetahui gejala demam berdarah adalah dengan menekan kulit sang bayi apabila kulit terdapat bintik merah dan tidak hilang ketika di tekan maka itu sudah hampir di pastikan adalah demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *