Bagaimana Penyakit Lupus Bisa Terjadi Pada Seseorang

Penyakit lupus merupakan penyakit karena adanya kelainan pada antibodi di dalam tubuh seseorang. Antibodi yang bermasalah pada tubuh seseorang menyebabkan tidak normalnya kinerja organ di dalam tubuh dan kacaunya kinerja milyaran sel di tubuh seseorang. Dengan demikian tubuh akan mengalami efek dari peradangan yang memicu tidak normalnya kinerja sel darah, sel otak, jantung, paru – paru, ginjal, hati, persendian, dan kulit. Penyakit lupus sendiri merupakan penyakit yang memiliki gejala menyerupai penyakit lain sehingga lupus sulit dideteksi sejak dini.

penyakit lupus

Penyakit lupus yang terjadi pada seseorang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
– Faktor hormon
Berhubung mayoritas penderita lupus adalah perempuan. Maka beberapa penelitian mengenai hormon perempuan dilakukan. Dan hasilnya pada perempuan yang sedang hamil maupun perempuan menjelang menstruasi, memiliki ketidakstabilan jumlah produksi hormon estrogen. Dengan adanya produksi estrogen yang tidak stabil, maka perempuan memiliki persentase kemungkinan lebih tinggi terkena lupus dari pada pria.
– Faktor genetik
Adanya kemungkinan bahwa penyakit lupus disebabkan karena adanya turunan genetik dari orang tua atau anggota keluarga yang lain. Selain itu, bawaan genetik dari kelompok masyarakat beda etnis dan ras seperti kelompok orang afrika dan amerika yang punya peluang besar mengidap lupus.
– Faktor lingkungan tempat tinggal, dan lingkungan kerja
Lingkungan juga bisa memungkinkan penyakit lupus untuk membuat seseorang menjadi penderita lupus. Contohnya sinar ultraviolet pada matahari, sinar ultraviolet pada lampu neon, penyakit virus, tingkat stress yang tinggi karena pekerjaan.
– Faktor penggunaan obat
Penggunaan obat –obatan yang tidak cocok untuk tubuh juga akan memungkinkan seseorang terkena lupus. Contohnya obat sulfa seperti sulfisoxazole, sulfasalazine, kotrimoksazole, dan tolbutamide. Kemudian penggunaan obat dari keluarga penicillin seperti amoksisilin, ampisilin, kloksasilin.

Berdasarkan jenisnya penyakit lupus telah dibedakan menjadi 4 jenis:
– Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
Lupus jenis ini merupakan lupus paling sering ditemukan dan diketahui lebih parah dari pada jenis lupus yang lain. Systemic Lupus Erythematosus tidak hanya menyerang kulit tapi akan menyerang bagian persendian, paru – paru, ginjal, jantung, darah.
– Discoid
Lupus jenis ini merupakan lupus yang hanya terjadi pada kulit saja. Lupus ini akan menunjukkan ruam pada bagian wajah, leher, dan kulit kepala. Namun lupus jenis ini tidak mempengaruhi organ dalam tubuh lainnya.
– Drug Induced
Lupus jenis ini terjadi karena ada efek samping penggunaan obat. Dan umumnya obat yang digunakan merupakan obat hipertensi. Contohnya hydralazine dan aritmia. Kemudian obat jantung seperti procainamade yang diketahui punya kemungkinan terjadinya lupus jenis ini.
– Neonatal
Lupus jenis ini terjadi karena faktor genetik dari sang ibu yang mengalami kelainan pada antibodinya. Kemudian genetik sang ibu menurun pada anaknya yang berujung terkena neonatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *