Apa Sih Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah masalah yang sering terjadi pada wanita baik remaja maupun dewasa. Masalah keputihan ini biasanya terjadi pada wanita ketika akan mendapat menstruasi atau setelah menstruasi. Menurut dunia kedokteran, penyebab keputihan dibagi menjadi 2 golongan, yaitu fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis biasanya dipengaruhi oleh faktor hormon dan faktor tekanan. Penyebab secara patologis adalah disebabkan oleh virus, jamur, atau infeksi di sekitar vagina. Ciri-ciri keputihan ini seperti terasa gatal, keluar cairan lengket dan bau yang menyengat. Selain penyebab di atas, berikut penyebab dari keputihan yang sering dilakukan tanpa sadar oleh para wanita dalam menjaga kebersihan.

Seorang wanita biasanya tidak terlalu memperhatikan kebersihan daerah kewanitaan yaitu dengan menggunakan tisu setelah buang air kecil maupun besar. Hal ini menyebabkan kuman bersarang di dekat daerah kewanitaan. Penyebab keputihan berikutnya yaitu karena sering menggunakan celana yang berbahan tidak menyerap keringat dan sangat ketat sehingga menyebabkan tumbuhnya jamur. Penyebab berikutnya yaitu bagi para wanita yang harus selalu keluar rumah dan sangat jarang berada di rumah. Biasannya hal itu mengharuskan wanita menggunakan toilet umum untuk buang air. Ini bisa menambah kuman di daerah kewanitaan. Selain itu juga para wanita biasanya menggaruk daerah kewanitaan ketika terasa gatal. Penyebab berikutnya yaitu karena menderita penyakit tertentu, seperti gula darah yang tinggi.

Selain itu, keputihan juga bisa disebabkan oleh ketidakteraturan dalam mengganti panty liner atau pembalut, badan dan pikiran yang terasa lelah, sering menggunakan celana alam dan handuk secara bersama-sama dengan orang lain, mengalami tekanan, tidak menjaga pola hidup yang sehat seperti berolah raga, makan makanan yang hijau seperti sayuran, tidak mengkonsumsi air mineral yang cukup, tidak mengkonsumsi buah sesuai dengan kebutuhan, dan yang lainnya. Penyebab keputihan lainnya juga bisa disebabkan oleh terlalu seringnya para wanita ini berendam. Biasanya dengan berendam apalagi dengan air hangat bisa menjadikan jamur tumbuh subur. Keputihan juga bisa disebabkan karena kehidupan seks yang sangat bebas, misalnya selalu berganti-ganti pasangan, serta karena lingkungan yang tercipta di sekitar daerah kewanitaan tidak bersih.

penyebab keputihan

Penyebab keputihan lainnya juga bisa diakibatkan oleh rusaknya keseimbangan dan keasaman pada daerah kewanitaan. Untuk menghindari masalah keputihan timbul, sebaiknya para wanita melakukan pencegahan seperti selalu memotong rambut di daerah kewanitaan supaya tidak lembab. Kemudian membasuh daerah kewanitaan dengan cara yang benar. Dalam membasuh daerah kewanitaan juga disarankan menggunakan air bersih dan menjaga keadaan daerah kewanitaan tetap kering. Jika menggunakan toilet umum usahakan untuk menggunakan tisu yang di bawa sendiri untuk menghindari kuman yang ada di tisu toilet. Selain itu, jika sedang mengalami menstruasi gunakanlah pembalut dan panty liner secara teratur. Tidak menggunakan celana dalam dan handuk untuk bersama, menggunakan pakaian atau celana dalam yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat serta menggunakan pembersih bagian wanita yang berfungsi untuk mengembalikan tingkat keasaman di daerah kewanitaan.

Penyebab dari masalah keputihan yang dijelaskan ini biasanya sering sekali dilakukan oleh para wanita terutama yang belum mengerti tentang cara perawatan daerah kewanitaan, akibat yang bisa terjadi karena tidak menjaga kebersihan, dan lainnya. Untuk mengatasi keputihan yang tidak berakhir bisa meminta bantuan dokter spesialis kewanitaan. Dan semoga artikel penyebab keputihan ini bisa bermanfaat bagi kita seperti bahan pembelajaran supaya bisa mencegah terjadinya keputihan dan kesehatan daerah kewanitaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *