8 Varian Nutrisi Pada Ibu Hamil

Selama 9 bulan, janin tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam tubuh ibu hamil, ikut merasakan semua yang dirasakan oleh calon ibu hamil, mendapatkan nutrisi yang diperlukan dari apa saja yang dimakan oleh ibu hamil.

Sebagai calon ibu yang baik, Anda harus mengatur pola makan dengan tepat, semua makanan yang Anda konsumsi harus berdampak baik untuk janin, dan bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengatur apa saja makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Tumbuh kembang janin di dalam rahim dipengaruhi oleh asupan nutrisi. Nutrisi pada ibu hamil haruslah seimbang antara kandungan protein, karbohidrat, lemak dan senyawa lainnya. Simak beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil di bawah ini:

Nutrisi Pada Ibu Hamil

nutrisi-pada-ibu-hamil

Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan zat besi, vitamin C, folat, serat yang cukup tinggi. Konsumsi sayuran hijau dalam jumlah mencukupi setiap harinya akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang berkurang selama masa kehamilan. Bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran hijau yang terbaik yang bisa Anda konsumsi selama masa kehamilan.

Selain itu, kandungan serat di dalam sayuran hijau baik untuk mencegah ibu hamil mengalami sembelit dan kandungan vitamin C-nya baik untuk membantu proses penyerapan zat besi bagi ibu hamil, dan yang terpenting adalah folat yang mana baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam air.

Nasi merah

Nutrisi pada ibu hamil dapat diperoleh dengan mengkonsumsi nasi merah. Nasi merah tinggi akan kandungan serat, vitamin B serta zat besi. Mengkonsumsi nasi merah yang rendah akan indeks glikemik nyatanya dapat membantu ibu hamil kenyang dengan jangka waktu yang lebih lama, vitamin B, baik untuk membantu menyehatkan sistem saraf.

Nasi merah dapat menjadi pilihan makanan terbaik dibandingkan dengan nasi putih, karena nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang jauh lebih baik dari pada nasi putih.

Buah strawberry, kiwi dan buah pisang

Nutrisi pada ibu hamil harus disertai dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin D dan berbagai jenis vitamin serta senyawa aktif lainnya.

Buah strawberry, kaya akan vitamin C, serat, antioxidants serta folat, kandungan antioxidants yang terdapat di dalam buah strawberry mampu , mencegah risiko penyakit diabetes tipe dua maupun penyakit diabetes. Sedangkan buah kiwi yang kaya vitamin C, antioxidants dan berbagai senyawa lainnya baik untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam rahim.

Buah pisang juga kaya akan nutrisi dan tentunya juga baik untuk menjaga kesehatan dan perkembangan ibu hamil dan janin. Mengkonsumsi buah-buahan dari berbagai jenis, terutama buah strawberry, kiwi serta pisang.

Minyak ikan

Usahakan agar Anda memenuhi asupan minyak ikan dan juga 2 porsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang mana baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Salmon merupakan salah satu ikan terbaik yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 atau lebih murah dan umum adalah ikan kembung, sayangnya mengkonsumsi ikan kini tidak boleh setiap hari dalam artian ikan yang dikonsumsi tidak berlebihan, karena mengandung polutan yang mana tidak baik untuk kesehatan bayi.

Daging merah dan ubi

Nutrisi pada ibu hamil yang harus selalu terpenuhi adalah umbi umbian dan daging merah. Daging merah yang tidak memiliki kandungan lemak adalah sumber zat besi yang mana sangat penting untuk ibu hamil supaya tidak kekurangan darah, selain kaya akan zat besi, daging merah juga tinggi protein. Upayakanlah untuk tidak mengkonsumsi hati selama masa kehamilan karena kaya akan kandungan retinol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *