8 Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Anda

Setiap tahunnya, penyakit jantung terus mengalami peningkatan kasus, hal ini disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, stres, jam kerja yang tinggi, malas berolahraga dan berbagai faktor lainnya. Masalah pada jantung dapat terjadi secara bersamaan dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dan tingginya tekanan darah. Berolahraga tidak akan membuat jantung tetap sehat, Anda juga membutuhkan makanan sehat untuk jantung yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk jantung:

Makanan Yang Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

makanan-sehat-untuk-jantung-koroner

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada dan lainnya merupakan sayuran yang mampu menyehatkan dan menurunkan risiko penyakit jantung dan juga penyakit kanker dengan baik. Karena sayuran hijau rendah kalori, dan mengandung banyak material alami, seperti magnesium, kalsium, potassium yang mana baik untuk mengoptimalkan fungsi jantung. Hasil studi mengatakan jika mengkonsumsi sayuran hijau setiap harinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 11%.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang sehat untuk jantung, oatmeal paling baik dikonsumsi sebagai menu sarapan, tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, mengkonsumsi oatmeal juga baik untuk menambah energi. Oatmeal kaya akan beta karoten yang mana dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Usahakan untuk mengkonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan atau mengkonsumsi oatmeal dengan cara mengolah oatmeal menjadi kue atau roti untuk menyerap nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Biji-bijian

Makanan sehat untuk penderita jantung koroner, tidak hanya oatmeal atau sayuran hijau saja, biji-bijian pun mampu mengatasi penyakit jantung serta beberapa gangguan yang dialami oleh jantung. Sama seperti oatmeal, biji-bijian sangat bermanfaat untuk tubuh karena mampu menambah energi dan menjaga kesehatan jantung. Biji-bijian tersebut meliputi gandum, buncis, kacang-kacangan yang mana kaya akan serat dan vitamin, meliputi vitamin E, zat besi, magnesium dan antioksidan. Konsumsi biji-bijian dalam kadar yang cukup untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Protein nabati

Mengkonsumsi protein nabati juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, kacang kedelai merupakan contoh dari makanan yang kaya akan protein nabati. Kacang kedelai diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, seperi tempe, tahu, oncom bahkan kecap. Kacang kedelai memiliki kandungan bahan alami yang jauh lebih baik dan rendah lemak daripada daging merah. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein nabati, secara tidak langsung Anda membanu menurunkan kadar kolesterol dan menghilangkan lemak berlebih yang mana tidak baik untuk jantung.

Minyak zaitun dan almond

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak alami yang sangat menyehatkan, mengkonsumsi minyak zaitun baik untuk jantung, Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada menu makanan sehari-hari termasuk menu diet, minyak zaitun baik untuk jantung karena mengandung antioksidan.

Cukup dengan menuangkan sedikit demi sedikit minyak zaitun pada salad sayuran Anda, usahakan untuk tidak menggunakan mayonnaise atau mentega selama sementara ini Anda dapat memanfaatkan minyak alami sebagai saus salad. Sedangkan almond mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengatasi penyakit jantung, almond memiliki kandungan material alami, seperti magnesium, zat besi, zink dan berbagai material lainnya.

Tomat dan buah apel

Makanan sehat untuk jantung yang tidak kalah bermanfaatnya adalah tomat dan buah apel, keduanya mengandung banyak material alami yang bekerja dengan baik merawat organ tubuh serta merawat kecantikan kulit. Cukup dengan mengkonsumsi semua olahan tomat dan buah apel setiap harinya, Anda bisa membuat jus sayuran dan buah dengan menggunakan keduanya sebagai bahan utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *