5 Obat Tradisional Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal

Tahukah Anda jika batuk bukanlah sebuah penyakit? Batuk hanyalah gejala dari pertahanan tubuh Anda yang sedang berusaha untuk melawan berbagai macam penyakit, mulai dari flu dan penyakit lainnya. Batuk disebabkan oleh berbagai fasilitator, baik dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok, debu, alergi, tersedak makanan dan lainnya.

Batuk terbagi dalam 2 jenis (dilihat dari kategori waktu), yakni batuk akut dan kronis, namun ada juga batuk yang dibagi berdasarkan karakternya, mulai dari batuk kering, batuk pilek, batuk berdahak atau paduan dari keduanya. Obat yang dibutuhkan untuk mengobati batuk pun beragam dan harus disesuaikan dengan karakter batuknya, jangan sampai Anda salah mengkonsumsi obat, minumlah obat tradisional batuk berdahak, jika batuk Anda disertai dengan reaksi pengeluaran lendir dari dalam tenggorokan.

Obat Tradisional Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal

obat-tradisional-batuk-berdahak-tenggorokan-gatal

Simak beberapa macam obat tradisional yang mampu mengatasi batuk berdahak serta tenggorokan yang gatal di bawah ini:

Madu

Madu adalah obat herbal alami yang mampu mengatasi batuk berdahak, dalam beberapa alasan madu dipercayai mampu melawan unsur negatif yang menyerang kekebalan tubuh yang mana membuat tubuh mudah terserang penyakit. Menurut hasil penelitian Penn State College of Medicine, pada beberapa balita berusia 2-18 bulan yang sedang mengalami batuk berdahak, mereka tampak lebih nyenyak tidur setelah diberikan madu, bahkan lebih baik daripada memberikan obat batuk lainnya. Cukup dengan menambahkan madu pada minuman Anda, entah itu teh hangat maupun air hangat, namun pastikanlah jika Anda tidak memberikan madu pada bayi berusia 1 tahun kebawah.

Sup ayam

Obat tradisional batuk berdahak dan tenggorokan gatal yang mudah untuk dibuat sendiri dan mengenyangkan serta menyehatkan adalah sup ayam. Kaldu dari sup ayam, dapat membantu menghangatkan tubuh Anda sekaligus membuat tenggorokan menjadi lebih hangat. Menurut hasil penelitian seorang dokter dari University of Nebraska Medical Center, sup ayam dapat membantu melegakan tenggorokan sekaligus membantu menjaga tubuh tetap hangat. Sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengalami batuk berdahak, karena makanan ini dapat merangsang pengeluaran lendir yang terdapat di dalam tenggorokan untuk selanjutnya dikeluarkan.

Bawang dan gula

Keduanya sama-sama kaya akan manfaat, namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui jika keduanya memiliki khasiat untuk membantu mengatasi batuk berdahak sekaligus melegakan tenggorokan. Cacah beberapa siung bawang, lantas tambahkan dengan setengah cangkir gula putih, aduk hingga tercampur merata dan diamkan selama satu malam penuh sehingga gula putih mencair dan tercampur bersama-sama dengan cacahan bawang membentuk sirup. Agar proses pembentukan sirup bawang lebih cepat selesai, didihkan racikan obat tersebut selama beberapa menit menggunakan api yang kecil, dan ambil satu sendok makan setiap 2 jam sekali.

Obat herbal

Obat herbal alami yang efektif untuk mengatasi batuk berdahak adalah peppermint dan Echinacea yang mana mampu melawan serta membunuh bakteri, sedangkan peppermint mampu membantu melegakan tenggorokan. Keduanya bisa dicampurkan pada minuman hangat Anda sebagai teman menyantap kue.

Namun sebaiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pengobatan batuk berdahak dengan memanfaatkan berbagai macam tumbuhan alami, seperti peppermint yang sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

Eucalyptus oil

Obatilah batuk berdahak serta tenggorokan yang gatal dengan menggunakan obat tradisional batuk berdahak, yakni Eucalyptus oil. Cukup dengan meneteskan beberapa tetes Eucalyptus oil pada air hangat dan letakkan kepala Anda tepat di atas wadah air panas yang telah ditetesi minyak alami tersebut hingga uap air panas sampai ke hidung Anda, lakukan selama 10-15 menit, namun pastikan tidak terkena tangan karena minyak alami ini dapat menyebabkan reaksi iritasi atau alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *