4 Tanaman Obat Asam Urat yang Ampuh

Tingginya kadar asam urat di dalam darah juga bisa disebut dengan hyperuricemia, merupakan hasil dari peningkatan asam urat di dalam tubuh atau karena penurunan ekskresi yang terjadi di ginjal sehingga kristal-kristal asam urat mengendap dan menyebabkan penimbunan di persendian. Penyakit asam urat merupkan titik mula dari berbagai penyakit yang jauh lebih serius, seperti encok, gagal ginjal dan batu ginjal.

Beberapa hasil studi dan penelitian pun menyebutkan jika tingginya kadar asam urat di dalam darah dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Normalnya kadar asam urat di dalam darah, bagi pria sebesar 3.4-7.0 mg/dL dan untuk wanita sebesar 2.4-6.0 mg/dL. Cukup banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kenaikan kadar asam urat, meliputi lebih banyak dan lebih sering mengkonsumsi makanan kaya akan kadar purin, minum minuman berlakohol, obesitas, faktor genetika, dan lainnya. Ada beberapa tanaman obat asam urat yang mampu membantu mengobati penyakit asam urat, seperti berikut ini:

Tanaman Obat Asam Urat

tanaman-obat-asam-urat

Sari cuka apel

Sari cuka apel dapat menjadi pembersih alami yang mampu membersihkan dan membuang sisa atau timbunan kristal asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Terdiri dari asam malat yang berfungsi sebagai pembunuh dan penghancur asam urat. Sari cuka apel juga membantu mengembalikan asam basa dan menyeimbangkannya di dalam tubuh dan memiliki kandungan antioxidants yang tinggi yang bersifat anti-inflamasi. Manfaatkan sari cuka apel sebagai obat herbal alami dengan cara menambahkan satu sendok makan sari cuka apel (dari apel organik) dalam satu gelas air, minum air tersebut 2-3 kali setiap harinya dan rasakan perbedaannya di kemudian hari.

Jus lemon

Tanaman obat untuk asam urat yang juga efektif untuk mengobati asam urat selain sari cuka apel adalah jus lemon. Lemon memang tinggi akan kadar asam, lemon menghasilkan efek alkali yang mana dapat membantu menetralisir asam urat di dalam tubuh, serta mengandung vitamin C yang juga baik untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Peras satu buah jeruk lemon segar ke dalam gelas yang berisi air hangat kemudian minum air tersebut di pagi hari disaat perut masih kosong, usahakan untuk melakukan cara ini selama beberapa minggu ke depan dan rasakan hasilnya. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C, sesuaikan dosisnya dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Buah ceri

Buah ceri ternyata memiliki fungsi yang cukup istimewa, yakni mampu mengobati penyakit asam urat. Cukup demgan rajin mengkonsumsi buah ceri, baik secara langsung maupun dengan mengolahnya menjadi jus buah ceri yang segar. Segelas buah ceri segar setiap harinya akan membuat tubuh Anda menjadi sehat serta kadar asam urat pun menurun.

Baking soda

Selain dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, baking soda juga mampu mengobati penyakit asam urat. Campur satu sendok makan baking soda dengan segelas air, minum empat gelas setiap harinya dalam 2 minggu berturut-turut, akan tetapi sebelum mengkonsumsi minuman obat ini, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Mengobati asam urat dengan cara menurunkan tingginya kadar asam urat di dalam darah menggunakan berbagai tanaman obat asam urat yang telah disebutkan di atas. Tanaman obat untuk mengobati asam urat sangat mudah untuk didapatkan dan berada dekat di lingkungan kita, daripada Anda mengkonsumsi obat kimia, bukankah lebih baik jika Anda mengkonsumsi obat-obatan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *