4 Racikan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak 1 , 2 dan 3 Tahun

Batuk bisa terjadi pada siapa saja, merupakan mekanisme pertahanan pada tubuh terutama di saluran pernapasan, batuk sendiri adalah gejala suatu penyakit maupun reaksi tubuh dari iritasi yang terjadi di tenggorokan karena lendir, debu, asap, maupun makanan.

Batuk biasa terjadi karena disebabkan oleh rangsangan tertentu, entah itu debu atau tersedak makanan, rangsangan atau sinyal tersebut dibawa ke otak dan otak menerima rangsangan kemudian diatasi dengan batuk. Batuk terbagi dalam 2 kategori, pertama adalah batuk akut dan yang kedua adalah batuk kronis yang mana dikelompokkan berdasarkan rentang waktu lamanya batuk. Batuk akut, kondisi dimana seseorang batuk kurang dari dua minggu, sedangkan batuk kronis terjadi lebih dari dua minggu bahkan tiga bulan berurutan.

Batuk kronis yang terjadi pada anak disebabkan oleh asma, pertusis dan tuberculosis. Pertusis merupakan batuk kronis yang mana disebabkan oleh reaksi dan rangsangan dari kuman Bordetella pertusiss, kuman ini bisa dicegah dengan cara memberikan anak imunisasi secara berkala. Batuk pada anak, harus segera diobati. Ada beberapa obat batuk tradisional untuk anak di bawah ini:

Obat Batuk Tradisional Untuk Anak 1 , 2 dan 3 Tahun

obat-batuk-tradisional-untuk-anak-1-2-3-tahun

Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah melegakan tenggorokan dan mengobati batuk. Obati batuk dengan cara merebus rempah jahe selama 10 menit, tunggu hingga jahe mendidih dan tunggu selama beberapa menit, saring dan buang potongan jahenya, tambahkan satu setengah cangkir gula merah dan didihkan kembali hingga air rebusan mengental, biarkan hingga adonan menghangat baru kemudian bentuklah adonan berbentuk bulat, taburi dengan gula putih halus dan simpan di wadah yang bersih tunggu hingga menjadi dingin.

Obat batuk tradisional untuk anak 1 tahun ini akan disukai oleh anak-anak, jahe akan membantu menghangatkan tenggorokan dan meredakan batuk, sedangkan gula merah berfungsi sebagai pemanis agar anak Anda menyukai rasanya.

Blueberry

Obat batuk tradisional untuk anak 2 tahun yang pantas untuk dicoba adalah ramuan batuk dari daun buah blueberry dan buah berry kering. Buatlah teh yang menyehatkan dengan cara seduh beberapa lembar daun blueberry dan buah blueberry kering menggunakan air panas, tunggu selama beberapa menit, jika perlu tambahkan madu untuk membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan lendir. Ramuan obat ini bisa menjadi minuman herbal untuk anak-anak, karena buah blueberry dan daunnya aman untuk anak.

Daun kemangi

Obat batuk tradisional untuk anak 3 tahun ini mungkin tidak akan disukai oleh anak-anak karena rasanya yang tidak enak. Akan tetapi, kemangi memiliki kandungan alami yang baik untuk meredakan batuk pada anak, maka dari itu cobalah membuat ramuan obat herbal dari daun kemangi ini, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus daun kemangi hingga air rebusan mendidih, tambahkan madu beberapa sendok dan minumkan ramuan ini setelah ramuan menjadi hangat. Agar anak Anda tidak rewel, Anda bisa menyertakan makanan kesukaan anak selama pemberian obat batuk herbal berlangsung.

Red clover

Selain memanfaatkan jahe, daun kemangi dan buah blueberries kering untuk meredakan batuk pada anak, Anda pun dapat menggunakan red clover. Manfaatkan keistimewaan dari bunga red clover untuk meredakan batuk anak. Rebus bunga red clover dan tambahkan beberapa sendok madu murni. Minumkan ramuan obat ini secara berkala pada anak hinggs batuk anak sedikit mereda dan menjadi sembuh.

Meredakan batuk pada anak dengan menggunakan obat batuk tradisional untuk anak bisa menjadi upaya pertama sebelum Anda membawa anak Anda berobat ke dokter, obat herbal merupakan pengobatan alternatif yang patut untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *