4 Obat Tradisional Asam Urat dan Kolesterol yang Efektif

Asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan sendi terasa sangat sakit, hingga membengkak dan meradang, jika zaman dahulu asam urat lebih banyak dialami oleh mereka yang berusia lanjut, maka sekarang asam urat dapat dialami oleh siapa saja, hal ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup menuju ke arah lebih modern dan tidak sehat.

Dari hasil penelitian dan hasil survei, dikatakan jika 3 dari 1000 orang telah menderita hiperurisemia, yakni persitiwa dimana terjadinya peningkatan asam urat di dalam darah secara kronis hingga jauh melebihi ambang batas normal.

Rasa sakit pada persendian yang disebabkan oleh asam urat membuat Anda merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas karena bergerak pun terasa menyakitkan terlebih jika Anda juga memiliki riwayat medis dengan catatan yang mengatakan jika kadar kolesterol Anda juga tinggi, oleh karena itu, dibutuhkan obat tradisional asam urat dan kolesterol yang efektif untuk mengobati asam urat serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Obat Tradisional Asam Urat dan Kolesterol

obat-tradisional-asam-urat-kolesterol

Berikut ini beberapa tumbuhan herbal yang baik untuk mengatasi asam urat juga kolesterol:

Tempuyung

Tempuyung atau lebih populer di telinga masyarakat awam dengan nama jombang merupakan tumbuhan alam yang berasal dari Eurasia. Secara alami, tumbuhan ini dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit asam urat, badan pegal-pegal, lemah dan lesu hingga batu ginjal.

Tempuyung memiliki kandungan alami, seperti silika, magnesium, natrium, kalium, asam fenolat, flavonoid serta berbagai senyawa aktif lainnya. Cukup dengan merebus beberapa daun tempuyung dengan air bersih, tunggu selama beberapa menit hingga air mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja, matikan kompor dan diamkan ramuan hingga dingin baru kemudian disaring dan diminum, sebanyak 2x setiap harinya.

Meniran dan ragi beras merah

Obat tradisional untuk asam urat dan kolesterol yang efektif adalah meniran dan ragi beras merah. Meniran merupakan tumbuhan obat herbal yang mengandung flavonoid serta glikosida flavonoid yang berfungsi untuk membantu menghambat kinerja enzim xantin oksidase serta superoksidase sehingga pembentukan asam urat terhalang dan berkurang.

Rebus semua bagian meniran dengan air, tunggu hingga air rebusan matang dan tersisa setengahnya baru kemudian matikan kompor dan biarkan ramuan obat dingin, minum sebanyak setengah gelas, 2x sehari. Sedangkan, ragi beras merah baik untuk mengatasi kolesterol berlebih, sudah dibuktikan dengan beberapa penelitian, jika hasil fermentasi dari beras merah ini mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah.

Buah ceri hitam segar

Untuk mengatasi penyakit asam urat, Anda dapat menggunakan buah ceri hitam segar. Sari alami dari buah ceri merupakan obat herbal terbaik untuk mengatasi asam urat maupun batu ginjal dan encok yang terjadi karena asam urat. Buah ceri hitam yang segar rendah akan kandungan asam urat serta mampu membantu melakukan kristal-kristal yang mengendap yang mana menyebabkan penyakit asam urat atau juga penyakit encok. Buah ceri memiliki kandungan anthocyanin, yakni antioksdan dan anti-inflamasi. Biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi setengah lusin atau 2 lusin buah ceri setiap harinya.

Mengobati kadar kolesterol serta kadar asam urat yang berlebihan dengan memanfaatkan obat tradisional asam urat dan kolesterol merupakan tindakan cerdas, karena tanaman obat herbal bersifat aman dan lebih murah dan mudah untuk didapatkan. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jika Anda memiliki keluhan seputar nyeri sendi, namun belum didiagnosa mengalami penyakit asam uray atau penyakit encok, maka cegahlah penyakit asam urat dengan mengkonsumsi ramuan obat tersebut, sehingga tubuh dan sendi Anda terbebas dari penyakit asam urat maupun dari kelebihan kadar kolesterol dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *