4 Gejala Penyakit Jantung Koroner

Tahukah Anda, apa itu penyakit jantung koroner? penyakit jantung koroner merupakan penyempitan pada pembuluh darah kecil yang bertugas memasok darah serta oksigen ke jantung. Penyakit ini disebabkan oleh pembentukan plak tepatnya di dinding arteri yang mana dikenal juga sebagai pengerasan arteri.

Mereka yang mengalami penyakit jantung koroner biasanya yang berusia dewasa sampai lanjut usia, faktor genetika dan faktor ras atau bisa juga karena kebiasaan merokok, kadar kolesterol tinggi dalam darah dan obesitas. Jika penyakit ini tidak disembuhkan dengan segera kemungkinan besarnya dapat menyebabkan kematian. Anda yang belum terlalu familiar dengan penyakit jantung koroner dan apa saja gejalanya, bisa menyimak dengan baik info menarik seputar penyakit jantung koroner serta gejala penyakit jantung koroner di bawah ini:

gejala-penyakit-jantung-koroner

Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner

Dada terasa nyeri

Gejala awal penyakit jantung koroner, kemungkinan besar adalah rasa nyeri pada dada. Sewaktu-waktu Anda merasa tekanan yang menghimpit pada dada, seperti ada seseorang yang menindih tubuh Anda dan membuat Anda merasakan sakit yang tak terkira, terutama pada dada. Rasa sakit ini tidak bertahan lama, hanya terjadi selama beberapa menit, tergantung dengan kondisi kesehatan tubuh orang tersebut, untuk pasien wanita rasa sakitnya mungkin lebih tajam.

Sesak nafas

Disaat jantung tidak dapat memompa darah dengan baik sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh, maka secara otomatis Anda akan mengalami sesak nafas. Sesak nafas bisa terjadi karena banyak hal, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Agar sesak nafas tidak terjadi karena faktor eksternal, maka cobalah untuk selalu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan rajin berolahraga, makan makanan bergizi, tidur cukup dan tidak merasa lelah atau stres.

Serangan jantung

Penyakit jantung koroner yang sudah cukup parah bisa menyebabkan serangan jantung. Tanda umum dan gejala dari serangan jantung meliputi tekanan yang tajam pada jantung dan rasa sakit pada bahu atau tangan, dan sesekali Anda merasakan sesak nafas dan mudah mengeluarkan keringat. Baik untuk wanita maupun pria, gejalanya akan berbeda. Pada beberapa kasus serangan jantung terjadi tanpa adanya tanda atau gejala yang menyertai.

Mudah merasa lelah

Mereka yang mengalami penyakit jantung koroner akan mudah merasa lelah terlebih disaat melakukan kegiatan fisik yang berat. Namun sesungguhnya, merasa lelah setelah melakukan kegiatan fisik yang berat adalah hal normal, namun bisa menjadi gejala yang tidak biasa apabila hal ini terjadi secara terus menerus. Oleh karena itu, disaat Anda merasa lelah setelah melakukan kegiatan yang berat, berhentilah. Berhenti melakukan aktivitas fisik yang berat yang mana dapat membuat tubuh Anda merasa lelah. Tubuh yang mudah lelah setelah melakukan aktivitas berat bisa diatasi dengan beristirahat secukupnya.

Penyakit jantung koroner dapat terjadi pada siapa saja, namun lebih banyak menyerang mereka yang hidup dengan gaya hidup tidak sehat, faktor genetika dan lainnya. Mengobati penyakit jantung koroner, sebaiknya dilakukan setelah mendapatkan resep dari dokter, artinya Anda harus pergi konsultasi dan berobat ke dokter.

Melawan penyakit jantung koroner tidaklah mudah, oleh karena itu, sebelum Anda didiagnosa positif mengalami penyakit ini, maka lakukan tindakan pencegahan dengan memahami berbagai gejala penyakit jantung koroner. Tanda umum maupun gejala dari penyakit jantung koroner sudah dijelaskan dengan baik di atas. Namun, untuk lebih lengkapnya, silahkan tanyakan pada dokter terkait dan pastikan agar tubuh selalu sehat dan kuat sehingga tidak mudah tumbang karena sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *