4 Alternatif Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi

Gejala penyakit yang dialami oleh bayi sangatlah beragam, salah satu gejala penyakit yang kerapkali dialami oleh para bayi adalah batuk. Secara alami, batuk merupakan suatu gejala penyakit, yang disebabkan oleh banyak rangsangan, mulai dari infeksi, kuman, makanan, debu dan asap dan faktor lainnya.

Meredakan batuk pada bayi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena daya tahan tubuh bayi tidak sebaik orang dewasa dan organ tubuh bayi pun tidak sekuat orang dewasa. Maka dari itu, jangan langsung memberikan bayi Anda obat batuk. Batuk pada bayi lebih baik diredakan dengan menggunakan obat batuk tradisional untuk bayi sebagaimana yang direkomendasikan oleh Dr. Marcel Hernandez, seorang pediatric ND, diantaranya adalah:

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi

obat-batuk-tradisional-untuk-bayi

Oleskan minyak zaitun dan rosemary oil

Meredakan batuk pada bayi tidak serta merta dengan langsung memberikan obat batuk tradisional untuk bayi 2 bulan, menurut Dr. Marcel meredakan batuk pada bayi yang berusia di bawah 12 bulan merupakan hal yang sulit, namun bukan berarti tidak bisa diupayakan, salah satunya adalah dengan rutin mengoleskan minyak zaitun yang dicampur dengan rosemary oil pada dada dan punggung bayi. Campuran minyak essential ini dapat menghangatkan tubuh bayi, setelah semua sisi selesai dioleskan dengan minyak alami, kenakan baju bayi.

Mandi air hangat dengan minyak essential

Obat batuk tradisional untuk bayi 3 bulan untuk meredakan batuk serta menghangatkan tenggorokan dan tubuh adalah dengan memandikan bayi menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan minyak essential, entah itu rosemary oil atau minyak essential lainnya.

Pada umumnya, ibu memberikan sabun bayi dan sampo bayi untuk teman mandi bayi atau tidak menggunakannya sama sekali, namun ketika bayi batuk, tambahkan beberapa sendok minyak alami essential pada bak mandi bayi. Mandikan anak selama beberapa menit. Mandi dengan menggunakan air yang hangat plus minyak alami akan membantu menghangatkan tubuh bayi termasuk menghangatkan dada dan tenggorokan sehingga batuk bisa segera mereda dan 100% sembuh.

Berikan banyak cairan, utamakan ASI

Salah satu rekomendasi obat yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi adalah dengan rutin memberikan cairan pada bayi, terutama ASI yang memang sangat diperlukan oleh bayi dari usia 1 hari sampai 6 bulan bahkan lebih baik lagi jika Anda memberikan ASI hingga anak berusia 2 tahun. ASI mengandung nutrisi lengkap yang mana dibutuhkan oleh bayi, nutrisi dalam Air Susu Ibu jauh lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi, susu ibu akan memberikan banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Bayi yang tumbuh dan berkembang dengan ASI jauh lebih kuat dan sehat, pertumbuhan otak dan perkembangan organnya jauh lebih baik, bayi tidak mudah sakit.

Oleskan minyak kayu putih di malam hari

Daripada Anda memberikan bayi obat, lebih baik Anda mencoba untuk menghangatkan tubuh bayi dan melegakan tenggorokannya dengan selalu mengoleskan minyak kayu putih, terutama di malam hari. Udara malam yang jauh lebih dingin bisa dihalau dengan baik jika Anda mengoleskan minyak kayu putih pada telapak tangan, telapak kaki, dada dan punggung bayi. Minyak kayu putih mengandung ekstrak alami yang dapat membantu menghangatkan badan bayi.

Obat batuk tradisional untuk bayi haruslah sesuai dengan resep dan rujukan dari dokter, apabila dokter tidak memberikan resep obat, maka janganlah Anda mencoba untuk memberikan bayi obat, baik obat kimia maupun obat tradisional. Jalan terbaik untuk meredakan batuk pada bayi adalah dengan selalu memastikan tubuh bayi berada dalam suhu yang hangat, pastikan jika bayi merasa tetap hangat, meskipun dalam suhu sedingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *